STRATEGI BRANDING
(11/14/17)
Sebelum masuk ke
pembahasn inti mengenai strategi branding,
terlebih dahulu kita bahas mengenai apa itu branding ?.
Pasti diantara kita tidak banyak yang tau definisi dari branding itu sendiri. Branding itu merupakan bagian yang
sangat mendasar dari kegiata pemasaran yang sangat penting untuk dimengerti
atau dipahami secara keseluruhan. American
Marketing Association (AMA) mendefinisikan brand sebagai nama, istilah, tanda, simbol atau desain atau
kombinasi yang bertujuan untuk mengidentifikasikan suatu barang atau jasa yang
membedakan diri sendiri dengan yang lainnya (Kotler,
2002). Branding seringkali
berkaitan dengan produk-produk yang akan dipromosikan kepada khalayak dengan
menyesuiakan dengan nama merek yang tepat dan terstruktur agar terlihat lebih
spesifik.
Saat ini untuk
memperkenalkan suatu merek biasanya dilakukan suatu cara yang berkaitan erat
dengan kegiatan promosi dan pemasaran.
Hal-hal tersebut kemudian diikomunikasikan melalui media diantaranya adalah
sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan nama suatu merek dan logo. Selain
melalui media, seorang informan juga biasa melakukan kegiatan pemasaran dari
mulut ke mulut atau word of mouth yang
juga terbukti ampuh untuk menarik minat konsumen dan agar konsumen mudah
menerima dan mengingat nama merek yang ada sehingga mudah dikenali.
Strategi branding diartikan sebagai
suatu sistem komunikasi yang mengatur semua kontak point dengan suatu produk,
jasa atau organisasi dengan stakeholder
dan secara langsung men-support
bisnis secara keseluruhan.
Objektif strategi
branding yang baik sebagai brikut :
- Menyampaikan pesan dengan jelas.
- Mengkonfirmasi kredibilitas pmilik brand.
- Dapat dihubungkan dengan target pemaaran yang lebih personal.
- Memotivasi pembeli atau calon pembeli.
- Menciptakan kesetiaan pelanggan.
Salah satu cara
agar sukses dalam melakukan strategi branding, maka terlebih dahulu harus
memahami kebutuhan serta keinginan pelanggan atau konsumen dengan melihat
prospek calon pelanggan. Selain itu kita juga harus melihat kondisi pasar yang
menjadi target utama dari strategi branding
ini. Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam strategi branding adalah berkenaan dengan loyalitas produk yang
akan diluncurkan. Mengapa loyalitas dianggap penting ? hal ini dikarenakan
melalui loyalitas yang baik, konsumen akan semakin tertarik dan memiliki
kepercayaan penuh terhadap sebuah brand.
Berhasil tidaknya sebuah strategi itu bergantung pada bagaimana pesan itu dikemas
kemudian disampaikan sehingga dapat diterima dan dipahami oleh konsumen yang
bertujuan untuk mendapat respon positif berupa daya tarik tersendiri dari
seorang calon konsumen.
0 comments:
Post a Comment