Tuesday, November 14, 2017

STRATEGI BRANDING



STRATEGI BRANDING
(11/14/17)                                                                                          
Sebelum masuk ke pembahasn inti mengenai strategi branding, terlebih dahulu kita bahas mengenai apa itu branding ?. Pasti diantara kita tidak banyak yang tau definisi dari branding itu sendiri. Branding itu merupakan bagian yang sangat mendasar dari kegiata pemasaran yang sangat penting untuk dimengerti atau dipahami secara keseluruhan. American Marketing Association (AMA) mendefinisikan brand sebagai nama, istilah, tanda, simbol atau desain atau kombinasi yang bertujuan untuk mengidentifikasikan suatu barang atau jasa yang membedakan diri sendiri dengan yang lainnya (Kotler, 2002). Branding seringkali berkaitan dengan produk-produk yang akan dipromosikan kepada khalayak dengan menyesuiakan dengan nama merek yang tepat dan terstruktur agar terlihat lebih spesifik.          
Saat ini untuk memperkenalkan suatu merek biasanya dilakukan suatu cara yang berkaitan erat dengan kegiatan promosi  dan pemasaran. Hal-hal tersebut kemudian diikomunikasikan melalui media diantaranya adalah sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan nama suatu merek dan logo. Selain melalui media, seorang informan juga biasa melakukan kegiatan pemasaran dari mulut ke mulut atau word of mouth yang juga terbukti ampuh untuk menarik minat konsumen dan agar konsumen mudah menerima dan mengingat nama merek yang ada sehingga mudah dikenali.
Strategi branding diartikan sebagai suatu sistem komunikasi yang mengatur semua kontak point dengan suatu produk, jasa atau organisasi dengan stakeholder dan secara langsung men-support bisnis secara keseluruhan.
Objektif strategi branding yang baik sebagai brikut :
  1. Menyampaikan pesan dengan jelas.
  2. Mengkonfirmasi kredibilitas pmilik brand.
  3. Dapat dihubungkan dengan target pemaaran yang lebih personal.
  4. Memotivasi pembeli atau calon pembeli.
  5. Menciptakan kesetiaan pelanggan.
Salah satu cara agar sukses dalam melakukan strategi branding, maka terlebih dahulu harus memahami kebutuhan serta keinginan pelanggan atau konsumen dengan melihat prospek calon pelanggan. Selain itu kita juga harus melihat kondisi pasar yang menjadi target utama dari strategi branding ini. Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam strategi branding adalah berkenaan dengan loyalitas produk yang akan diluncurkan. Mengapa loyalitas dianggap penting ? hal ini dikarenakan melalui loyalitas yang baik, konsumen akan semakin tertarik dan memiliki kepercayaan penuh terhadap sebuah brand. Berhasil tidaknya sebuah strategi itu bergantung pada bagaimana pesan itu dikemas kemudian disampaikan sehingga dapat diterima dan dipahami oleh konsumen yang bertujuan untuk mendapat respon positif berupa daya tarik tersendiri dari seorang calon konsumen.

0 comments:

Post a Comment