Sunday, December 17, 2017

PEMILIHAN MEDIA DAN PENETUAN BUDGET





PEMILIHAN MEDIA DAN PENETUAN BUDGET



Publikasi merupakan bagian terpenting dalam komunikasi pemasaran , anda harus mengenal dan memahami bagaimana wilayah dalam komunikasi pemasaran bekerja .
Dalam memahami hal tersebut salah satu bagian yang perlu dicermati ialah pemilihan media dan penentuan budget .
Pemilihan media berarti memilih media mana yang akan digunakan atau media mana yang paling efektif dalam usaha publisitas .

Dalam Buku Pengantar Ilmu Komunikasi (Cangara, 2006 : 119), media disebutkan sebagai alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, maka media yang paling dominasi dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti mata dan telinga. Pesan – pesan yang diterima selanjutnya oleh pancaindera selanjutnya diproses oleh pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu, sebelum dinyatakan dalam tindakan.
Secara sederhana bisa dikatakan media ialah sarana yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu dalam hal ini ketika kita bicara perihal komunikasi pemasaran maka media akan berperan sebagai sarana untuk mempublikasikan suatu hal yang anda inginkan untuk diketahui khalayak .
Sebagai contoh anda mengeluarkan sebuah produk makanan ringan lalu anda menginginkan publik untuk mengetahui produk anda , maka anda perlu menentukan akan menggunakan media apa produk anda teersebut dipublikasikan .
Bisa menggunakan media cetak seperti brosur atau yang sedang sangat popular digunakan saat ini yaitu media elektronik seperti tayangan televisi , website pribadi , channel youtube ataupun iklan digital .

Memilih media menjadi salah satu faktor yang sangat penting dimana sedikit saja kesalahan perihitungan bisa menyebabkan kerugian dari segi budget yang dikeluarkan .
Setelah memahami perihal media sekarang saatnya beralih membahas budget yang sederhananya bisa dikatakan sebagai pembiayaan atau pengeluaran biaya .
Menurut (Munandar, 1998:1) pengertian budget atau anggaran adalah sutau rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang .
Sedangkan dalam Glosarium Bahasa Indonesia, kata budget merupakan istilah asing yang masuk dalam ruang lingkup keuangan, ekonomi dan politik. Sedangkan untuk istilah Indonesianya disebut juga sebagai anggaran. 

Pada dasarnya budget memiliki empat unsur utama dan itu dijelaskan sebagai berikut :
1.      Pertama, rencana yang terukur dari sebuah aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan dalam suatu konsep perencanaan .
Misalkan saja dalam konsep sederhana anda ingin  melakukan pembelian untuk keperluan bulanan pastinya anda memerlukan perencanaan agar keuangan anda bisa dihandel hingga akhir bulan , itu adalah unsur pertama dari budget yaitu perencanaan .

2.       Kedua, unsur budget meliputi seluruh kegiatan lembaga atau perusahaan, yakni mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian-bagian yang ada di dalam lembaga / perusahaan tersebut. Secara garis besar kegiatan dalam lembaga atau perusahaan dikelompokan menjadi lima jenis yaitu pemasaran (marketing), produksi (producing), pembelanjaan (fianancing), administrasi (administrating), dan personlia (personnel).

3.      Ketiga, budget dinyatakan dalam unit moneter, yaitu unit kesatuan yang dapat diterapkan pada berbagai kegiatan lembaga / perusahaan yang beraneka ragam.

4.      Dan terakhir  budget dibuat untuk jangka waktu yang akan datang atau untuk jangka kedepan sehingga berisi prediksi (forecast) tentang apa yang terjadi dan apa yang akan dilakukan dimasa yang akan datang. Dengan demikian, budget berdasarkan periode waktunya terbagi kedalam dua jenis, yakni budget strategis (strategic budget) yang berlaku untuk jangka panjang dan budget taktis (tactical budget) yang berlaku untuk jangka pendek.
Setelah mengetahui perihal pemilihan media dan budget , maka saatnya memahami keterkaitan antar keduanya .
Dalam menggunakan media yang akan dipakai untuk melakukan publisitas tentunya disamping memilih media yang berkualitas juga diperlukan perencanaan budget atau anggaran yang baik.
Alasannya sederhana ketika anda mendapatkan sebuah media yang sesuai meikirkan harga dan mempertimbangkan untung rugi yang akan didapat akan menjadi bagian yang sangat vital.
Karena pada hakikatnya keuangan adalah hal utama yang harus selalu diperhatikan dalam perusahaan , organisasi ataupun kampanye perseorangan .



Sumber :
M.Munandar, 1998, Budgeting: Perencanaan Kerja Pengkoordinasian Kerja Pengawasan Kerja. Yogyakarta:  BPFE Yogyakarta
 




0 comments:

Post a Comment