PEMILIHAN
MEDIA DAN PENETUAN BUDGET
Publikasi merupakan bagian terpenting dalam
komunikasi pemasaran , anda harus mengenal dan memahami bagaimana wilayah dalam
komunikasi pemasaran bekerja .
Dalam memahami hal tersebut salah satu bagian yang
perlu dicermati ialah pemilihan media dan penentuan budget .
Pemilihan media berarti memilih media mana yang akan
digunakan atau media mana yang paling efektif dalam usaha publisitas .
Dalam Buku Pengantar Ilmu Komunikasi (Cangara, 2006
: 119), media disebutkan sebagai alat atau sarana yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa pakar
psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, maka media yang paling
dominasi dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti mata dan
telinga. Pesan – pesan yang diterima selanjutnya oleh pancaindera selanjutnya
diproses oleh pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap
sesuatu, sebelum dinyatakan dalam tindakan.
Secara sederhana bisa dikatakan media ialah sarana
yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu dalam hal ini ketika kita bicara
perihal komunikasi pemasaran maka media akan berperan sebagai sarana untuk
mempublikasikan suatu hal yang anda inginkan untuk diketahui khalayak .
Sebagai contoh anda mengeluarkan sebuah produk
makanan ringan lalu anda menginginkan publik untuk mengetahui produk anda ,
maka anda perlu menentukan akan menggunakan media apa produk anda teersebut
dipublikasikan .
Bisa menggunakan media cetak seperti brosur atau
yang sedang sangat popular digunakan saat ini yaitu media elektronik seperti
tayangan televisi , website pribadi , channel youtube ataupun iklan digital .
Memilih media menjadi salah satu faktor yang sangat
penting dimana sedikit saja kesalahan perihitungan bisa menyebabkan kerugian
dari segi budget yang dikeluarkan .
Setelah memahami perihal media sekarang saatnya
beralih membahas budget yang sederhananya bisa dikatakan sebagai pembiayaan
atau pengeluaran biaya .
Menurut (Munandar,
1998:1) pengertian budget atau
anggaran adalah sutau rencana yang disusun secara sistematis, yang
meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan)
moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang .
Sedangkan dalam Glosarium Bahasa Indonesia, kata
budget merupakan istilah asing yang masuk dalam ruang lingkup keuangan, ekonomi
dan politik. Sedangkan untuk istilah Indonesianya disebut juga sebagai
anggaran.
Pada dasarnya budget memiliki empat unsur utama dan
itu dijelaskan sebagai berikut :
1. Pertama,
rencana yang terukur dari sebuah aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan
dalam suatu konsep perencanaan .
Misalkan saja dalam konsep sederhana anda
ingin melakukan pembelian untuk
keperluan bulanan pastinya anda memerlukan perencanaan agar keuangan anda bisa
dihandel hingga akhir bulan , itu adalah unsur pertama dari budget yaitu
perencanaan .
2.
Kedua, unsur budget meliputi seluruh kegiatan
lembaga atau perusahaan, yakni mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh
semua bagian-bagian yang ada di dalam lembaga / perusahaan tersebut. Secara
garis besar kegiatan dalam lembaga atau perusahaan dikelompokan menjadi lima
jenis yaitu pemasaran (marketing), produksi (producing), pembelanjaan
(fianancing), administrasi (administrating), dan personlia (personnel).
3. Ketiga,
budget dinyatakan dalam unit moneter, yaitu unit kesatuan yang dapat diterapkan
pada berbagai kegiatan lembaga / perusahaan yang beraneka ragam.
4. Dan
terakhir budget dibuat untuk
jangka waktu yang akan datang atau untuk jangka kedepan sehingga berisi prediksi
(forecast) tentang apa yang terjadi dan apa yang akan dilakukan dimasa yang
akan datang. Dengan demikian, budget berdasarkan periode waktunya terbagi
kedalam dua jenis, yakni budget strategis (strategic budget) yang
berlaku untuk jangka panjang dan budget taktis (tactical budget) yang
berlaku untuk jangka pendek.
Setelah mengetahui perihal pemilihan media dan
budget , maka saatnya memahami keterkaitan antar keduanya .
Dalam menggunakan media yang akan dipakai untuk
melakukan publisitas tentunya disamping memilih media yang berkualitas juga
diperlukan perencanaan budget atau anggaran yang baik.
Alasannya sederhana ketika anda mendapatkan sebuah
media yang sesuai meikirkan harga dan mempertimbangkan untung rugi yang akan
didapat akan menjadi bagian yang sangat vital.
Karena pada hakikatnya keuangan adalah hal utama
yang harus selalu diperhatikan dalam perusahaan , organisasi ataupun kampanye
perseorangan .
Sumber :
M.Munandar, 1998, Budgeting: Perencanaan Kerja
Pengkoordinasian Kerja Pengawasan Kerja. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
0 comments:
Post a Comment