Tuesday, December 12, 2017

MARKETTING COMMUNICATION TOOLS





MARKETTING COMMUNICATION TOOLS




Image result for tool animeted

Marketting Communication Tool atau yang secara sederhana diterjemahkan sebagai alat komunikasi pemasaran adalah perkakas atau alat yang digunakan dalam melakukan aktivitas-aktivitas komunikasi pemasaran .
Sementara komunikasi pemasaran itu sendiri , menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2009), ialah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Intinya komunikasi pemasaran mempresentasikan suara perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialogh,  dan membangun hubungan dengan konsumen. Komunikasi pemasaran merupakan proses manajemen dimana sebuah organisasi dapat berkomunikasi dengan khalayaknya.


Tentunya komunikasi pemasaran memiliki karakteristik tertentu seperti Komunikasi pemasaran yang bersifat one-voice. Maksudnya adalah, walaupun elemen komunikasi pemasaran yang digunakan berbeda-beda dalam meraih konsumen namun semua itu harus dapat dikoordinasi dengan cara yang tepat oleh berbagai organisasi dan agensi yang bekerja pada elemen-elemen yang berbeda tersebut serta menggunakan komunikasi yang berintegrasi. Komunikasi disini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau pencitraan produk yang baik saja, namun juga harus dapat menimbulkan hasil penjualan yang baik.
Sedangkan mengenai tujuan dari komunikasi pemasaran itu sendiri menurut (Chris Fill,1999: 14) adalah untuk memposisikan organisasi dalam pikiran dari masing-masing anggota dari target khalayak .
Menurut Kothler terdapat 5 { Lima } marketing communication tools yang digunakan dalam berbagai kombinasi dan fungsi yang berbeda untuk berkomunikasi dengan target audiens atau publik.

Berikut ialah marketing communication tool tersebut :



A.Periklan (Advertising)

Setiap bentuk presentasi nonpersonal yang dibayar dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang teridentifikasi. Contoh: Iklan cetak dan broadcast Kemasan–luar, dan kemasan sisipan .



B. Promosi penjualan (Sales promotion)


Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong uji coba atau pembelian produk atau jasa. Contoh: Kontes, permainan dann undian

C. Hubungan masyarakat dan publisitas (public relations and publicity)

Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. Contoh: Seminar dan Annual reports

D . Pemasaran langsung (Direct marketing)

Penggunaan mail, telepon, fax, e-mail, atau Internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respon atau dialog dari pelanggan tertentu dan prospek. Contoh: laporan tahunan, pameran dan perdagangan .

E.  Penjualan personal (Personal selling)

Interaksi dengan satu atau lebih calon pembeli untuk tujuan membuat presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan. Contoh: telemarketing .

Selain itu ada juga istilah Hard Selling dan juga Soft Selling , Hard-selling ialah strategi pemasaran secara langsung tentunya dengan sifat rasional / informasional dan cenderung lebih mengarah ke direct marketting serta sales marketting .

Sedangkan Soft-selling ialah strategi pemasaran yang penyampaiannya melalui pendekatan atau respon emosianal , tentunya soft-selling lebih cenderung mengarahkan penyampaian pesan kearah impian , harapan , mood serta emosianal dari calon konsumen dan perlu diketahui juga soft-selling tidak langsung berdampak  pada penjualan layaknya hard-selling

Setelah memahami mengenai marketing communication tool , saat nya merangkai nya kedalam konsep pemahaman yang lebih sederhana .

Bisa dikatakan konsep sederhana dari marketing communication tool ialah bagian dari komunikasi pemasaran .

Sebagai contoh , anda memiliki perusahaan sabun , anda ingin produk sabun anda dikenal oleh khalayak .

“Jadi apa yang akan anda lakukan “?

“Memasarkannya” ?

“Lalu dengan cara apa agar bisa berjalan lancar “?

Jawabnya ialah dengan menggunakan  marketing communication tool , dimulai dengan advertising , lalu dilanjutkan dengan sales promotion ,dan tentunya anda memerlukan peran humas dalam publisitas , baru setelahnya anda bisa melakukan direct marketing atau pemasaran secara langsung , namun jangan sampai anda melupakan personal selling sebagai pendekatan personal untuk membentuk citra produk anda dimata khalayak .

Karena seperti yang dijelaskan diatas , karakteristik dari komuniksi pemasaran atau ,marketing communication ialah bersifat one-voice , bisa dikordinir dengan baik meski berbeda dan beragam dalam pesan maupun pendekatan untuk dapat menjadikan khalayak yang awalnya calon konsumen hingga menjadi konsumen tetap dari produk anda .

Lalu juga jangan lupakan komunikasi yang terintegrasi , karena dalam publisitas komunikasi yang terintegrasi dengan baik tentunya mampu memberikan pengalaman baik kepada khalayak yang berimbas pada pembentukan opini yang dikehendaki oleh pihak marketing bukan ?

Sederhana nya jika anda ingin melakukan marketting dengan memanfaatkan marketting communiation tool jangan lah sampai bergerak diluar karakteristik dari komunikasi pemasaran itu sendiri karena komunikasi pemasaran yang baik selalu diawali dengan rencana , tahapan serta proses yang matang .


Sumber :

Venus, Antar. 2004. Manajeman Kampanye : Panduan Teoritis dan Praktis dalam mengefektifkan kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama
Hughes, Graham; Fill, Chris. Marketing Communications 2005-2006. Elsevier – Butterworth Heinemann: Oxford. 2005
Kothler, Philip, Marketing management. New Jersey: Pearson Education, 2006



 




0 comments:

Post a Comment