Monday, December 4, 2017

KREATIF PLANING





KREATIF PLANING

 



Kreatif planning sangat erat kaitannya strategic planning yang merupakan bagian dari advertising agency terutama dalam mengatur konsep atau strategi komunikasi yang akan dibuat menjadi sebuah perencanaan masa depan suatu perusahaan .


Menurut Kerzner Perencanaan Strategis ( Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan atau mungkin sesuai jangka waktu  yang telah disepakati .

Selain pengertian menurut ahli , kita akan mencoba melakukan bedah makna pada kata “Kreative Planning “ .
Kreatif Planning terdiri dari dua suku kata berbeda , yaitu kata “Kreative “ dan “Planning “ .

Menurut {Androse :1961} kreatif berarti suatu proses pemikiran yang mampu mencetuskan gagasan-gagasan baru yang merupakan bagian dari sifat manusia , bersumber dari pengalaman dan digunakan untuk memperbaiki atau mengembangkan diri .

Sedangkan planning merupakan serapan dari Bahasa inggris yang berarti rencana .
Rustiadi (2008:339) menyatakan bahwa “Perencanaan merupakan suatu proses menentukan apa yg ingin dicapai di masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yg dibutuhkan untuk mencapainya. Sebagian kalangan berpendapat bahwa perencanaan merupakan suatu aktivitas yang dibatasi oleh lingkup waktu tertentu, sehingga perencanaan, lebih jauh diartikan sebagai kegiatan terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Artinya perencanaan merupakan suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Dengan demikian, proses perencanaan dilakukan dengan menguji berbagai arah pencapaian serta mengkaji berbagai ketidakpastian yg ada, mengukur kemampuan (kapasitas) kita untuk mencapainya kemudian memilih arah-arah terbaik serta memilih langkah-langkah untuk mencapainya.”


Kreatif Planning bisa dikatakan sebagai suatu proses pemikiran yang didasari sebuah gagasan baru dalam menentukan atau memperkirakan apa yang seharusnya dilakukan dimasa yang akan dating tentunya dengan berbagai pertimbangan seperti langkah , hambatan , ataupun kesempatan yang mungkin bisa didapatkan dari gagasan baru yang menjadi ide kreatif bagi dasar kreatif planning .
Sebagai contoh , melihat kesusesan game bergenre MOBA { Multiplayer Online Battle Arena } didunia seperti DOTA , LOL , hingga Warcraft .
Didasari pada pengamatan player dari game MOBA yang berjumlah sangat besar namun game MOBA juga hanya terbatas pada perangkat PC itupun dengan spesifikasi-spesifikasi khusus .
Developher game Moontoon memiliki ide kreatif untuk membuat sebuah game MOBA yang bisa dimainkan diperangkat android dan IOS .
Hingga akhirnya moontoon merilis game “Mobile Legend” sebagai bentuk dari kreatif planning mereka.
Dengan berbagai aspek seperti skin karakter dan sejumlah event ditambah dengan pengelolaan langkah bisnis dibidang promosi yang baik , mobile legend berhasil menjadi salah satu MOBA terpopuler khususnya dikawasan asia .

Kreatif planning yang erat kaitannya dengan strategic planning pada dasarnya berfokus pada “Goal” yang akan didapat , tentunya dalam jangka panjang .
Didasari ide kreatif yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah rencana yang matang untuk dijalankan .

Selain pengalaman , ide kreatif , referensi serta pemahaman , ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur utama dari terbentuk hingga terlaksananya sebuah kreatif planning .
Beberapa hal tersebut ialah sebagai berikut :


  • Ø  Strategi Periklanan
    Ø   Brand
    Ø   Product knowledge
    Ø   Diferensiasi
    Ø   Target Audience/konsumen
    Ø   Analisis SWOT
    Ø   Kompetitor

Kesimpulannya adalah kreatif planning merupakan gagasan baru yang berperan dalam pengambangan sebuah perusahaan untuk mengejar target jangka panjang .

Dikarenankan minat audience serta competitor yang terus berkembang dan meningkat seiring waktu , kreatif planning benar-benar berperan sebagai dasar pengembangan perusahaan .
Mencetuskan ide , mengembangkan ide , menyusun langkah perencanaan hingga melaksanakan rencana dengan tepat merupakan bagian-bagian penting yang tidak boleh lepas dari proses pemasaran dalam mengembangkan perusahaan sebagai bentuk eksistensi jangka panjang .


Sumber :

Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005). How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
 


0 comments:

Post a Comment