KREATIF PLANING
Kreatif planning sangat erat kaitannya strategic planning yang
merupakan bagian dari advertising agency terutama dalam mengatur konsep atau strategi komunikasi
yang akan dibuat menjadi sebuah perencanaan masa depan suatu perusahaan .
Menurut Kerzner Perencanaan Strategis ( Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang
digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi
pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat
digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai
10 tahun ke depan atau mungkin sesuai jangka waktu yang telah disepakati .
Selain
pengertian menurut ahli , kita akan mencoba melakukan bedah makna pada kata
“Kreative Planning “ .
Kreatif
Planning terdiri dari dua suku kata berbeda , yaitu kata “Kreative “ dan
“Planning “ .
Menurut
{Androse :1961} kreatif berarti suatu proses pemikiran yang mampu mencetuskan
gagasan-gagasan baru yang merupakan bagian dari sifat manusia , bersumber dari
pengalaman dan digunakan untuk memperbaiki atau mengembangkan diri .
Sedangkan
planning merupakan serapan dari Bahasa inggris yang berarti rencana .
Rustiadi
(2008:339) menyatakan bahwa “Perencanaan merupakan suatu proses menentukan apa
yg ingin dicapai di masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yg
dibutuhkan untuk mencapainya. Sebagian kalangan berpendapat bahwa perencanaan
merupakan suatu aktivitas yang dibatasi oleh lingkup waktu tertentu, sehingga
perencanaan, lebih jauh diartikan sebagai kegiatan terkoordinasi untuk mencapai
suatu tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Artinya perencanaan merupakan suatu
proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang serta
menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Dengan demikian,
proses perencanaan dilakukan dengan menguji berbagai arah pencapaian serta
mengkaji berbagai ketidakpastian yg ada, mengukur kemampuan (kapasitas) kita
untuk mencapainya kemudian memilih arah-arah terbaik serta memilih
langkah-langkah untuk mencapainya.”
Kreatif Planning bisa dikatakan sebagai suatu proses
pemikiran yang didasari sebuah gagasan baru dalam menentukan atau memperkirakan
apa yang seharusnya dilakukan dimasa yang akan dating tentunya dengan berbagai
pertimbangan seperti langkah , hambatan , ataupun kesempatan yang mungkin bisa
didapatkan dari gagasan baru yang menjadi ide kreatif bagi dasar kreatif
planning .
Sebagai
contoh , melihat kesusesan game bergenre MOBA { Multiplayer Online Battle Arena
} didunia seperti DOTA , LOL , hingga Warcraft .
Didasari
pada pengamatan player dari game MOBA yang berjumlah sangat besar namun game
MOBA juga hanya terbatas pada perangkat PC itupun dengan
spesifikasi-spesifikasi khusus .
Developher
game Moontoon memiliki ide kreatif untuk membuat sebuah game MOBA yang bisa
dimainkan diperangkat android dan IOS .
Hingga
akhirnya moontoon merilis game “Mobile Legend” sebagai bentuk dari kreatif
planning mereka.
Dengan
berbagai aspek seperti skin karakter dan sejumlah event ditambah dengan
pengelolaan langkah bisnis dibidang promosi yang baik , mobile legend berhasil
menjadi salah satu MOBA terpopuler khususnya dikawasan asia .
Kreatif
planning yang erat kaitannya dengan strategic planning pada dasarnya berfokus
pada “Goal” yang akan didapat , tentunya dalam jangka panjang .
Didasari ide
kreatif yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah rencana yang matang
untuk dijalankan .
Selain
pengalaman , ide kreatif , referensi serta pemahaman , ada beberapa hal yang
menjadi tolak ukur utama dari terbentuk hingga terlaksananya sebuah kreatif
planning .
Beberapa hal
tersebut ialah sebagai berikut :
- Ø Strategi PeriklananØ BrandØ Product knowledgeØ DiferensiasiØ Target Audience/konsumenØ Analisis SWOTØ Kompetitor
Kesimpulannya
adalah kreatif planning merupakan gagasan baru yang berperan dalam pengambangan
sebuah perusahaan untuk mengejar target jangka panjang .
Dikarenankan
minat audience serta competitor yang terus berkembang dan meningkat seiring
waktu , kreatif planning benar-benar berperan sebagai dasar pengembangan
perusahaan .
Mencetuskan
ide , mengembangkan ide , menyusun langkah perencanaan hingga melaksanakan
rencana dengan tepat merupakan bagian-bagian penting yang tidak boleh lepas
dari proses pemasaran dalam mengembangkan perusahaan sebagai bentuk eksistensi
jangka panjang .
Sumber
:
Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi
Iklan Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama
Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran
Terpadu. Jakarta: Erlangga
Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005). How To Advertise,
Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT. Elex Media
Komputindo, Jakarta.
0 comments:
Post a Comment